bLogs

news_image

7 Tips Memilih Lokasi Strategis untuk Memulai Usaha

Untuk kamu yang hendak memulai usaha, ada banyak sekali faktor yang perlu kamu pertimbangkan. Salah satunya adalah lokasi dari usaha tersebut. Tak sedikit yang percaya bahwa lokasi usaha menjadi kunci dari kesuksesan dari sebuah usaha. Sederhananya, semakin strategis lokasi usaha, maka semakin besar pula kemungkinan untuk kesuksesan dari usaha tersebut. Namun, seperti apa lokasi yang strategis untuk memulai usaha? Yuk, simak tips memilih lokasi strategis untuk memulai usaha berikut:

Baca juga: Tips Memulai Startup untuk Pemula

Tips memilih Lokasi Strategis untuk Usaha

1. Kepadatan penduduk dari lokasi tempat usaha

Tips memilih lokasi untuk usaha yang pertama adalah kepadatan dari lokasi tempat usaha. Singkatnya, semakin padat lokasi tempat usaha, maka semakin besar pula potensi pasar yang bisa dijangkau dari usaha tersebut. Namun, secara lebih spesifik, pastikan juga kepadatan tersebut didominasi oleh target market yang pas untukmu. Misalkan, jika kamu memiliki usaha dengan target market keluarga, maka lokasi usaha yang dengan lokasi permukiman yang didominasi keluarga akan lebih baik dibandingkan kawasan padat yang dekat dengan kawasan yang didominasi pelajar atau mahasiswa.

2. Pertimbangkan kehadiran dari usaha lain di lokasi

Tips memilih lokasi usaha yang strategis selanjutnya adalah menganalisa apakah terdapat usaha-usaha lain di lokasi tersebut, khususnya usaha-usaha yang mendukung usaha yang kamu hendak rintis. Jika lokasi tersebut sudah terdapat usaha-usaha lain, artinya sudah terdapat konsumen yang banyak di lokasi tersebut sehingga potensi untuk memulai usaha jadi semakin besar. 

3. Hindari lokasi usaha yang padat akan persaingan

Memilih lokasi untuk memulai usaha yang telah memiliki potensi pasar dengan hadirnya usaha-usaha lain memanglah baik. Namun, kamu juga perlu perhatikan jenis-jenis usaha yang telah ada di lokasi tersebut. Jika kebanyakan usaha yang telah ada di lokasi tersebut serupa atau bahkan persis dengan jenis usaha yang hendak kamu mulai, maka persaingan di lokasi tersebut terbilang sudah cukup padat sehingga kamu takkan bisa menjangkau potensi pasar dengan maksimal. Jika kamu tetap memilih lokasi tersebut, pastikan usaha yang kamu miliki memiliki perbedaan atau nilai lebih untuk mampu bersaing dengan usaha-usaha yang telah ada terlebih dahulu tersebut.

4. Budget yang sesuai

Dalam menjalankan usaha, tempat usaha juga termasuk sebagai modal sehingga harga sewa atau beli dari tempat usaha yang kamu pilih perlu dipertimbangakan sebagai modal. Setiap lokasi tempat usaha memiliki harga yang berbeda. Semakin strategis maka semakin tinggi pula harga dari lokasi tersebut. Jadi, jangan takut berinvestasi dengan harga yang sedikit lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan lokasi yang lebih strategis. Meskipun begitu, pastikan pula harga tersebut masih masuk dalam perhitungan budget yang kamu miliki.

Selain biaya sewa atau beli, perhatikan juga kondisi lokasi dan tempat usaha apakah memerlukan biaya tambahan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan usaha. Karena biaya tambahan ini tentu akan mempengaruhi perencanaan keuangan dari usahamu.

5. Kualitas keamanan lokasi dan lingkungan yang mendukung

Untuk mendukung berjalannya usaha, tentu keamanan dari lokasi usaha juga perlu diperhatikan. Pastikan lokasi usaha yang hendak kamu pilih telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik serta berada di lingkungan yang terkenal sebagai lingkungan yang aman.

6. Sarana dan prasarana di sekitar lokasi tempat usaha

Tak cuma lingkungan yang aman, lokasi usaha yang strategis juga harus ditunjang dengan berbagai sarana dan prasarana publik yang memadai. Kelengkapan dari sarana dan prasarana tak cuma akan mempermudah operasional dalam menjalankan usaha, tapi juga menunjukkan bahwa segala kegiatan dan aktivitas di lokasi tersebut telah ditunjang dengan baik sehingga konsumen tidak akan segan berada di lokasi tersebut.

7. Perhatikan aksesibilitas dari lokasi usaha

Salah satu tanda sebuah lokasi usaha yang strategis adalah lokasi tersebut mudah dijangkau atau diakses, khususnya menggunakan transportasi publik. Aksesibilitas yang baik tak cuma permudah mobilitasmu dalam menjalankan usaha tapi juga membuka lebih banyak pintu masuk bagi para konsumen untuk menjangkau lokasi usaha yang kamu pilih. Untuk itu, pilihlah lokasi untuk memulai usaha yang dekat dengan sarana transportasi publik dan jalan-jalan utama.

Baca juga: Tips Mendekor Kantor agar Suasana Lebih Homey dan Lebih Produktif

Berbicara soal lokasi tempat usaha yang strategis, salah satu yang paling tepat untuk jadi pilihanmu adalah Core Cipete. Tak cuma cocok dijadikan sebagai lokasi kantor atau usaha, Core Cipete yang memiliki konsep hybrid juga memungkinkanmu menjadikannya sebagai lokasi tempat tinggal atau hunian. Selain lokasi yang sangat strategis di Cipete, Jakarta Selatan, nilai tambah lainnya dari Core Cipete adalah tersedianya akses langsung ke stasiun MRT Cipete Raya yang menjadikannya semakin strategis untuk menjadi lokasimu memulai usaha!

Ingin segera miliki usaha di Core Cipete? Dapatkan unit di Core Cipete dengan harga mulai dari 1 Milyar-an dan cicilan mulai dari 8 jutaan saja per bulan sekarang juga!

STUDIO

Tempat tinggal atau working space? Tentukan pilihan-mu di Unit Studio.

WORKSHOP

Unit Workshop yang siap mendukung ide-ide brilian dan semangat kerja-mu.

QUARTER

Di Unit Quarter, experience the real CoreCipete hybrid concept.