bLogs

news_image

7 Tips Memulai Startup bagi Pemula yang Wajib Kamu Tahu

Startup atau perusahaan rintisan bukanlah trend yang bisa dianggap sepele. Hal ini dikarenakan banyak lahirnya perusahaan-perusahaan startup yang dimulai di Indonesia kemudian mampu mencapai valuasi yang membanggakan serta berhasil mengepakkan sayap ke persaingan Global. Sebut saja Go-Jek yang berekspansi ke Singapura, Thailand, serta Vietnam ataupun Traveloka yang telah mengepakkan sayap untuk pasar Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, hingga Malaysia.

Ditambah dengan lahirnya startup-startup Unicorn di Indonesia lainnya, hal ini memotivasi banyak orang, khususnya talenta muda Indonesia untuk ikut berkecimpung berinvestasi atau bahkan memulai startup sendiri. Kamu termasuk salah satu diantaranya? Simak terlebih dahulu beberapa tips memulai startup yang wajib kamu ketahui sebelum terjun langsung ke dunia startup berikut:

Baca juga: Mengenal Apa Itu Startup serta Perkembangannya di Indonesia

Tips Memulai Startup

1. Mulai dengan Ide yang Original

Kunci utama dalam memulai startup adalah dengan mengeksekusi ide yang original. Saat merencanakan startup apa yang hendak kamu kembangkan, pastikan ide yang kamu miliki tak hanya sekedar mengikuti tren yang ada. Ide startup yang kamu miliki tak hanya harus mampu menjadi solusi akan permasalahan yang kini ada di pasar, tetapi juga memiliki keunggulan yang membedakannya dari solusi-solusi ataupun produk serupa yang kini telah ada di pasaran. Ingat, ide yang original, tak berarti ide yang rumit. Kamu bisa memulai startup dengan ide yang sederhana namun mampu jadi solusi untuk permasalahan sehari-hari. 

2. Analisa dan Riset

Langkah selanjutnya untuk memulai startup adalah dengan memperdalam riset serta analisa terutama mengenai ide startup yang telah kamu tentukan serta potensi-potensi pengembangan ataupun alternatifnya. Pastikan kamu melakukan analisa dan riset meliputi semua aspek-aspek dasar terkait ide startup mulai dari kondisi pasar, kompetitor jika ada, serta nilai bisnis yang bisa dimilikinya. 

Tips Memulai Startup

3. Investasi Wawasan dan Networking 

Saat memulai startup bagi pemula, investasi modal berupa uang tak selalu jadi aspek terpenting. Namun, jika melihat bagaimana startup-startup sukses yang ada di Indonesia dirintis, investasi wawasan serta networking yang tepat jadi salah satu investasi yang jauh lebih berharga.

Wawasan membantumu untuk dapat melakukan berbagai hal jauh lebih baik, termasuk dalam hal mengambil keputusan, ataupun saat melakukan riset dan analisa pasar pada tips memulai startup sebelumnya. Wawasan bisa kamu dapatkan dengan belajar secara konvensional, mengikuti seminar teknologi, aktif di forum-forum startup, serta tentunya dengan membangun networking-mu sendiri.

Networking bisa dibangun dengan aktif di forum ataupun acara-acara dimana banyak pelaku startup terlibat. Selain itu, kini banyak juga networking yang terbangun oleh para pendiri startup yang baru dibangun lewat bekerja di coworking space dimana kamu bisa melihat langsung para startup lain dari berbagai latar belakang industri yang bisa menjadi rekan kolaborasi.

Tips Memulai Startup

4. Bentuk Tim untuk Menyempurnakan Kapabilitas Startup 

Bekerja dengan orang yang memiliki prinsip yang selaras denganmu tentu menjadi salah satu hal yang ideal. Namun, pada saat memulai startup, mencari orang-orang yang memiliki semangat, prinsip, ataupun visi yang sama tidaklah cukup.

 

Tips memulai startup selanjutnya adalah dengan membentuk tim yang berisikan orang-orang yang mampu melengkapi satu sama lain, termasuk orang-orang yang mampu mengisi peran-peran yang menjadi kekuranganmu. Ingatlah bahwa pada akhirnya kerja sama tim yang akan menjadi roda yang akan membawa perusahan startup ke arah tujuan yang kamu inginkan.

5. 100% Fokus

Sebuah startup akan tersendat perkembangannya jika dijalankan hanya sebagai ‘side hustle’ atau tidak penuh waktu. Untuk itu, tips memulai startup selanjutnya adalah dengan mengerahkan fokus yang kamu miliki sepenuhnya. Hindari menjalani perusahaan startup setengah-setengah karena ditengah pergerakan industri digital yang sangat cepat kamu bisa dengan cepat tertinggal ketika kamu tidak memberikan 100% fokus yang kamu miliki.

6. Tentukan Tujuan 

Tips memulai startup untuk pemula selanjutnya adalah menentukan secara jelas tujuan besar, tak hanya tujuan pribadi tapi juga tujuan perusahaan startup yang akan kamu rintis. Tujuan ini bisa kamu tuangkan dalam bentuk visi yang kemudian diturunkan menjadi misi-misi.

Setelah itu, bila perlu turunkan lagi misi tersebut menjadi goal-goal yang lebih kecil dan kemudian target-target dalam jangka waktu yang lebih pendek untuk memastikan kelak kamu tetap dalam jalur untuk meraih tujuan utama memulai startup.

7. Miliki Strategi Bisnis

Startup yang kamu mulai tak akan bisa bertahan hanya dengan menyediakan solusi untuk permasalahan yang ada di pasar. Untuk itu, susun juga strategi bisnis untuk startup yang kamu miliki. Mulai dari bagaimana kamu akan memasarkan produk atau jasa hingga bisa menjangkau target yang tepat. Bagaimana perhitungan investasi termasuk periode pengembangan hingga bisa mencapai break even point serta dari mana kelak kamu bisa mendapatkan keuntungan guna mengembalikan kembali nilai investasi yang telah kamu keluarkan.

Baca juga: 5 Startup Asal Indonesia yang Telah Mendunia

Itulah tips memulai startup untuk pemula yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memulai startup-mu sendiri. Sudah yakin untuk memulai startup-mu sendiri? Atau kamu tengah mencari lokasi kantor yang pas untuk mengembangkan perusahaan startup yang kamu miliki? Core Cipete bisa jadi jawaban untukmu. Memiliki konsep hybrid, setiap unit yang ditawarkan Core Cipete bisa kamu fungsikan tak hanya sebagai hunian tapi juga perkantoran.

Ditambah dengan ragam fasilitas termasuk coworking space dan akses langsung ke stasiun MRT Cipete Raya, Core Cipete adalah salah satu properti strategis yang ada di Jakarta Selatan yang bisa jadi pilihan untuk rintis startup-mu! Dengan harga mulai dari 1 Milyar-an dan cicilan mulai dari 8 jutaan saja per bulan kamu bisa dapatkan unit strategis di Cipete, Jakarta Selatan. Cek Core Cipete sekarang juga!

STUDIO

Tempat tinggal atau working space? Tentukan pilihan-mu di Unit Studio.

WORKSHOP

Unit Workshop yang siap mendukung ide-ide brilian dan semangat kerja-mu.

QUARTER

Di Unit Quarter, experience the real CoreCipete hybrid concept.