bLogs

news_image

Beli Rumah atau Apartemen? Cek Perbandingan Keuntungan dan Kekurangannya Ini!

Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar. Kehadiran apartemen bisa jadi solusi yang pas untuk kebutuhan hunian. Namun, tak sedikit pula yang beranggapan bahwa rumah tapak merupakan pilihan yang lebih baik untuk menjawab persoalan hunian. Faktanya, baik rumah tapak ataupun apartemen memiliki kekurangan dan keunggulannya masing-masing. Jadi, mana yang lebih baik jika harus dibandingkan antara rumah tapak dan apartemen? Tentukan sendiri kesimpulanmu setelah simak perbandingan keunggulan dan kekurangan dari apartemen dan rumah tapak berikut:

Baca juga: Tips Memilih Apartemen untuk Investasi bagi Pemula

Perbandingan Rumah dan Apartemen

1. Status Kepemilikian

Salah satu perbedaan paling mencolok dari rumah dan apartemen adalah status kepemilikannya. Umumnya properti rumah tapak memiliki status kepemilikan atas bangunan dan juga tanah dimana bangunan itu berdiri. Sedangkan, pada apartemen kamu hanya memiliki status kepemilikan atas unit apartemen saja sedangkan untuk aset-aset lainnya seperti fasilitas di lingkungan apartemen memiliki status kepemilikan bersama (strata title).

2. Fasilitas

Keunggulan apartemen dibandingkan dengan rumah tapak umumnya terdapat pada fasilitas yang dimiliki apartemen. Apartemen yang ada di kota-kota besar biasanya telah dilengkapi dengan ragam fasilitas penunjang yang bisa kamu nikmati bersama dengan penghuni lain seperti kolam renang, area gym, taman, area parkir dan sebagainya. Sedangkan, untuk rumah umumnya fasilitas yang tersedia sangatlah terbatas, apalagi jika rumah tersebut bukanlah bagian dari sebuah kompleks perumahan.

3. Harga

Untuk perbandingan harga, antara apartemen dan rumah terbilang cukup relatif. Namun, jika dibandingkan untuk properti yang berada di lokasi yang sama, umumnya apartemen memiliki harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan rumah. Kamu bisa saja menemukan rumah tapak dengan harga yang bersaing atau lebih murah daripada apartemen, namun umumnya rumah tersebut berada di lokasi yang lebih jauh atau tidak se-strategis dibandingkan apartemen.

4. Lokasi

Masih terkait dengan aspek sebelumnya, untuk lokasi apartemen umumnya berada di pusat kota dan sangat berdekatan dengan berbagai fasilitas atau sarana umum lainnya seperti menempel dengan mall atau gedung perkantoran. Sedangkan rumah biasanya berada di area residensial yang memiliki jarak tertentu dari pusat keramaian. Namun, hal ini bisa menjadi hal positif dan juga negatif sekaligus. Jauh dari keramaian memungkinkanmu mendapatkan hunian yang lebih tenang, namun berada dekat dengan fasilitas publik akan mempermudah keseharian dan membuat aktivitas sehari-hari lebih efektif dan efisien.

5. Pemeliharaan dan Perawatan

Salah satu keunggulan apartemen jika dibandingkan dengan rumah tapak adalah sistem perawatan dan pemeliharaan gedung serta unit yang telah terstruktur dimana akan ada teknisi yang selalu siap sedia membantu jika terdapat permasalahan di apartemen. Sedangkan untuk rumah tapak, kamu harus melakukan pemeliharaan dan perawatan secara mandiri. Namun, hal ini tentu memiliki dampak dimana biaya bulanan untuk pemeliharaan dan perawatan apartemen yang jauh lebih tinggi dibandingkan rumah tapak. 

6. Investasi

Baik rumah maupun apartemen memiliki nilai investasi tersendiri. Namun, mana yang lebih menguntungkan. Buat apartemen yang berada di lokasi strategis, keuntungan yang didapatkan dari menyewakannya bisa jadi lebih tinggi dibandingkan rumah mengingat peminat sewa apartemen yang tinggi. Namun, untuk nilai penjualan, rumah bisa menjadi aset yang lebih menguntungkan karena nilai tanah yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Baca juga: Keuntungan Memilih Tinggal di Apartemen Loft

Jadi, di antara rumah dan apartemen, mana yang lebih baik sebagai hunian? Jawabannya adalah tergantung dengan kebutuhanmu. Baik rumah maupun apartemen menjawab kebutuhan-kebutuhan yang berbeda dan manfaatnya baru akan terasa maksimal jika kamu memilih hunian yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Dan, jika kamu merasa apartemen merupakan pilihan yang pas dan sesuai dengan kebutuhanmu, Core Cipete bisa jadi salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu miliki! Core Cipete merupakan apartemen strategis di jantung kota Jakarta Selatan yang memiliki konsep hybrid, sehingga kamu tak perlu khawatir soal kebutuhanmu karena setiap unit Core Cipete bisa difungsikan baik sebagai kantor ataupun hunian.

Core Cipete juga memiliki akses langsung ke stasiun MRT Cipete Raya yang semakin menjadikannya sangat pas untuk lokasi kantor ataupun hunian. Dengan harga mulai dari 1 Milyar-an dan cicilan mulai dari 8 jutaan saja per bulan, Core Cipete bisa menjadi jawaban akan permasalahanmu dalam memilih hunian ataupun kantor.

 

STUDIO

Tempat tinggal atau working space? Tentukan pilihan-mu di Unit Studio.

WORKSHOP

Unit Workshop yang siap mendukung ide-ide brilian dan semangat kerja-mu.

QUARTER

Di Unit Quarter, experience the real CoreCipete hybrid concept.