bLogs

news_image

Mengenal 5 Startup Indonesia yang Telah Mendunia

Potensi perkembangan perusahaan-perusahaan startup di Indonesia terbilang sangatlah besar. Hal ini bisa dilihat dari lahirnya startup-startup Indonesia yang inovasinya tak hanya merajai pasar Indonesia, namun juga diakui dunia. Dengan latar belakang berbagai industri yang berbeda, berikut adalah startup Indonesia yang telah mendunia karena inovasi dan produk yang dimilikinya!

Baca juga: Mengenal Apa Itu Startup dan Perkembangannnya di Indonesia

Startup Indonesia yang Mendunia

1. Go-Jek

Startup Indonesia yang Mendunia

Go-Jek merupakan startup asal Indonesia yang mendunia rintisan Nadiem Makarim pada 2010. Awalnya Go-Jek hadir dengan layanan ojek online yang kemudian berkembang menjadi berbagai produk jasa lainnya seperti Go-Food untuk food delivery hingga Go-Pay sebagai dompet digital. Pada 2019 lalu, Go-Jek menjadi startup Indonesia pertama yang masuk dalam kategori sebagai Decacorn yang artinya startup Indonesia yang mendunia ini telah memiliki valuasi lebih dari USD$ 10 miliar. Go-Jek juga sempat mendapatkan penghargaan Internasional berupa “ASEAN Entrepreneur Award” dari World Knowledge Forum di Seoul, Korea Selatan pada Oktober 2016 silam.

Kini, layanan Go-Jek tak cuma bisa dinikmati masyarakat Indonesia karena startup yang telah mendunia ini juga telah melebarkan sayapnya ke Singapura, Thailand, dan juga Vietnam.

2. Traveloka

Startup Indonesia yang Mendunia

Dengan latar belakang industri yang berbeda dengan startup sebelumnya, Traveloka merupakan startup Indonesia yang telah mendunia lainnya. Startup yang dirintis oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang pada 2012 bergerak di bidang online travel agent yang menyediakan jasa pemesanan tiket pesawat, kereta, booking hotel, dan sebagainya. Menjadi salah satu dari beberapa saja startup Indonesia yang masuk dalam kategori Unicorn, Traveloka telah melakukan ekspansi ke beberapa negara di luar Indonesia yakni Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Singapura. Hal ini membuatnya jadi salah satu startup Indonesia yang mendunia.

3. HijUp

Startup Indonesia yang Mendunia

HijUp merupakan e-commerce B2C fashion yang secara spesifik menjual pakaian wanita muslim Indonesia yang berdiri pada Agustus 2011. Kini, startup yang didirikan oleh Diajeng Lestari ini juga menjual pakaian anak-anak dan produk-produk home & living dan pada 2021  lebih dari 120 merk dari 30 desainer lokal tergabung dalam HijUp.

Menjadi salah satu front-runner dalam industri busana muslim, produk-produk yang dimiliki HijUp tak hanya laku di pasar Indonesia tetapi juga menjangkau pembeli hingga Malaysia, Singapura, dan Australia, serta negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

4. Qlue

Qlue

Qlue adalah perusahaan teknologi yang mengembangkan ekosistem smart city di Indonesia. Startup teknologi ini didirikan oleh Rama Raditya dan Andre Hutagalung guna membantu instansi pemerintah dan swasta untuk semakin cepat dan responsif dalam menerima laporan dan masalah dengan memanfaatkan platform berbasis mobile, kecerdasan buatan, dan Internet of Things.

Sejak didirikan pada 2015 lalu, Qlue telah mendapatkan banyak sekali pengakuan serta penghargaan di panggung Internasional seperti “Best Mobility Project dari The World's Smart Cities Organizations (WSCO)” di London pada 2019, “Best M-Government Service Award” kategori “Public Empowerment” di ajang “7th World Government Summit 2019” di Dubai, Uni Emirat Arab, hingga “ASEAN Best IoT Startup” di ajang “ASEAN Rice Bowl Startup Awards” 2019

5 E-Fishery

Startup Indonesia yang Mendunia

Dibandingkan dengan startup-startup Indonesia yang mendunia sebelumnya, e-Firshery mungkin terdengar jauh tidak lazim. Startup rintisan Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy ini menghadirkan terobosan dengan menggunakan sistem cerdas bernama e-Fishery yang membantu peternak ikan untuk tak hanya mengotomasi proses pemberian pakan tapi juga mempelajari pola nafsu makan ikan serta memberikan laporan performa dan proses pemberian pakan. Inovasi yang dihadirkan oleh e-Fishery kemudian membuatnya dilirik oleh sebuah perusahaan asal Belanda, Aqua Spark untuk memberikan investasi pada 2015 lalu.

Baca juga: Apa Itu Coworking Space dan Apa yang Membuatnya Jadi Pilihan Tempat Kerja Populer?

Melihat prestasi startup Indonesia yang telah diakui di dunia tersebut membuktikan bahwa potensi berkembangnya startup di Indonesia bukan main-main. Belum lagi mengingat bahwa hingga saat ini masih ada ribuan startup yang dirintis di Indonesia yang masih dalam proses inkubasi yang kelak akan melahirkan startup-startup berkualitas dan mendunia lainnya.

Jika kamu merupakan salah satu penggiat startup tersebut, Core Cipete bisa jadi salah satu bentuk investasi yang tepat untukmu mengembangkan startup kamu. Core Cipete merupakan properti dengan konsep hybrid, dimana kamu bisa mendapatkan fungsi hunian serta kantor di unit  yang sama. Dengan banyak pilihan tipe mulai dari Studio hingga Quarter, Core Cipete menjadi salah satu tempat strategis untuk memulai perusahaan startup-mu.

Ditambah dengan fasilitas penunjang seperti coworking space, Core Cipete juga memiliki akses langsung ke stasiun MRT Cipete Raya, menjadikannya sebagai salah satu properti strategis yang ada di Jakarta Selatan.Dengan berbagai keunggulan tersebut, Core Cipete bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari 1 Milyar-an dan cicilan mulai dari 8 jutaan saja per bulan!

STUDIO

Tempat tinggal atau working space? Tentukan pilihan-mu di Unit Studio.

WORKSHOP

Unit Workshop yang siap mendukung ide-ide brilian dan semangat kerja-mu.

QUARTER

Di Unit Quarter, experience the real CoreCipete hybrid concept.