bLogs

news_image

Tips WFH, Bekerja Dari Rumah agar Tetap Produktif

Di era penerapan protokol kesehatan secara ketat, memastikan tempat tinggalmu nyaman menjadi sangat penting karena lebih banyak waktu yang kini kamu habiskan di rumah. Berbagai aktivitas termasuk rekreasi dan bekerja kini lebih banyak dihabiskan di rumah. Namun, ada permasalahan baru yang hadir yakni pekerjaan yang menjadi tidak produktif karena harus dilakukan di rumah.

Apakah kamu termasuk yang sulit untuk tetap produktif meskipun working from home (WFH)? Tak perlu khawatir karena berikut adalah tips WFH yang bisa kamu coba untuk buat WFH-mu menjadi lebih produktif!

Baca juga: Tips Membuat Suasana Kantor Terasa Homey

Tips Working from Home

1. Tetap atur waktu pada saat bekerja dari rumah

Bekerja dari rumah bukan berarti kamu bebas bangun lebih siang. Aturlah jadwal bekerja di rumah layaknya kamu bekerja di kantor. Seperti mulai berada di depan laptop atau komputer di jam 9 dan bangunlah setidaknya satu jam sebelum bekerja untuk bersiap-siap, sarapan, atau sekedar menyeruput kopi agar kamu lebih fit dan prima saat bekerja. Hindari langsung bekerja setelah bangun tidur karena hal tersebut justru akan mengganggu fokus dan konsentrasi.

Hal ini juga berlaku untuk jam istirahat dan selesai bekerja yang juga harus kamu atur pada jam-jam tertentu. Meskipun WFH bukan berarti kamu bisa bebas beristirahat. Terlalu banyak beristirahat justru akan sulit membangkitkan motivasi kamu untuk kembali bekerja. Sedangkan tentukan jam selesai bekerja sewajarnya dan hindari bekerja hingga terlalu larut malam karena pikiranmu juga butuh istirahat sehingga bisa tetap kembali produktif keesokkan harinya.

2. Bagi waktu untuk refreshing

Masih terkait dengan tips WFH sebelumnya, selain mengatur jam kerja, aturlah juga waktu untuk refreshing untuk menjaga kesehatan mental juga pikiranmu. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk refreshing di sela-sela WFH seperti bercengkrama bersama keluarga, membaca buku, menonton video, atau sekedar menelpon sabahat atau bermain game. Tapi ingat, jangan sampai kebablasan dan lupa bekerja, ya!

Home Exercise

3. Tetap jaga fisik dengan berolahraga dan hindari terlalu sering duduk

Karena hanya berada di rumah, aktivitas fisik tentu menjadi jauh berkurang. Hal ini bisa berdampak ke kondisi fisik dan produktivitas kerja selama WFH lho! Jadi, luangkanlah sedikit waktu seperti 15-30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah seperti yoga atau mengikuti gerakan-gerakan olahraga di Youtube. 

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berolahraga mulai dari menjaga kondisi fisik, meningkatkan konsentrasi kerja, hingga mengusir kejenuhan kerja sehingga bisa membantu produktivitas kerja dari rumah.

4. Tetap jaga komunikasi dengan rekan kerja

Saat bekerja dari rumah atau WFH, salah satu tantangan yang harus kamu hadapi adalah berkolaborasi jarak jauh dengan rekan kerja lainnya. Jika kolaborasi tidak berjalan dengan baik, maka sudah pasti pekerjaanmu tidak akan menjadi produktif. Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga komunikasi rutin bersama rekan kerja secara online selama WFH. Dengan begitu, kolaborasi pada saat WFH tidak akan ada bedanya dengan kolaborasi saat bekerja dari kantor.

5. Ciptakan area bekerja yang nyaman dan jauh dari gangguan

Salah satu keuntungan WFH adalah kamu bebas bekerja dimana saja. Bisa di kamar tidur, di ruang makan, atau sembari menikmati kopi di teras rumah. Namun, kesalahan memilih area bekerja di rumah justru  bisa membuat WFH jadi tidak produktif karena banyak gangguan atau godaan yang menyulitkanmu berkonsentrasi.

Untuk itu, siapkanlah satu area bekerja atau working space yang terpisah dari gangguan aktivitas lain untuk membantu berkonsentrasi. Aturlah area bekerja senyaman dan tetap se-homey mungkin sehingga kamu tak mudah jenuh saat bekerja.

Menggabungkan fungsi hunian dan juga working space bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan dan jika kamu melakukannya dengan tepat, WFH takkan lagi jadi masalah dan pekerjaanmu setiap hari akan tetap produktif.  

Baca juga: Mengenal Apa Itu Coworking Space

Jika kamu ingin berinvestasi hunian yang juga bisa digunakan sebagai working space yang nyaman, Core Cipete bisa jadi pilihan yang tepat. Hadir dengan konsep hybrid space, Core Cipete menghadirkan pilihan unit yang bisa difungsikan baik sebagai tempat tinggal dan juga working space. Lokasinya yang sangat strategis juga membuat Core Cipete sangat menarik dijadikan sebagai alamat baru hunian sekaligus working space barumu.

Dengan komitmen dan disiplin, berbagai tips diatas bisa membantu kamu tetap berkonsentrasi penuh saat WFH agar tetap produktif. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak produktif selama WFH, ‘kan?

STUDIO

Tempat tinggal atau working space? Tentukan pilihan-mu di Unit Studio.

WORKSHOP

Unit Workshop yang siap mendukung ide-ide brilian dan semangat kerja-mu.

QUARTER

Di Unit Quarter, experience the real CoreCipete hybrid concept.